logo

Our Services

Tiraya Technology aim to improve existing technologies, processes, designs and marketing to solve problems, increase efficiency, reach new customers, and ultimately increase profits. We also believe that Innovation and Business Development are the balancing keys of business success

Follow Us:

Call Now! + (62) 817-588-801

Pabrik Masa Depan

Pabrik Masa Depan

Inovasi telah menjadi kekuatan pendorong utama dalam pengembangan industri pabrik modern. Dengan berlalunya setiap era, teknologi baru selalu diperkenalkan ke dunia industri, sehingga mau tidak mau, pabrik pun juga terus bertransformasi mengikut perkembangan jaman. Ketika teknologi berubah, demikian juga fasilitas-fasilitas maupun mesin-mesin pabrik juga ikut berubah,Meskipun tidak mungkin untuk memprediksi secara penuh seperti apa pabrik di masa depan, dari trend yang ada saat ini, kita akan dapat melintas waktu untuk memperkirakan kira-kira akan jadi seperti apa?

1. Data Real-Time  dan Konstan
Dengan menggunakan sensor, pabrik di masa depan akan dapat memantau dan melaporkan segala sesuatu mulai dari mesin individual, seluruh sistem lini produksi hingga faktor lingkungan di pabrik. Data ini kemudian akan disimpan di cloud dan dianalisis menggunakan perangkat lunak khusus.

2. Cloud Computing
Pabrik masa depan akan terhubung di hampir setiap cara, memungkinkan untuk operasi tanpa batas dalam berbagai skenario:

    • Cloud Computing – Memanfaatkan teknologi cloud akan memungkinkan perusahaan mengakses data kapan saja, di mana saja. Karena semua informasi akan tersedia untuk semua orang, dan tidak terikat pada mesin fisik tertentu, keputusan dapat dibuat terlepas dari dimana lokasi pembuat keputusan itu berada.
    • Industrial Internet of Things (IIoT) – Data juga akan dikomunikasikan ke berbagai bagian pabrik itu sendiri. Misalnya, sensor dapat mendeteksi beberapa jenis bahaya yang memerlukan evakuasi segera. Sensor akan mengomunikasikan informasi ini ke sistem gedung, yang akan merespons dengan membuat area karantina, membunyikan alarm, atau mengingatkan pekerja di berbagai bagian gedung.



3. Serba Digital
Pabrik masa depan akan terhubung di hampir setiap cara, memungkinkan untuk operasi tanpa batas dalam berbagai skenario:

    • Robotic Process Automation( RPA) – tugas back-office yang monoton seperti manajemen pengumpulan data dan pemrosesan pesanan akan ditangani 24/7 oleh software bot perangkat lunak otomatisasi proses robot (RPA), yang akan melakukan segala pekerjaan dengan cepat dan minim kesalahan.

    • Analisis data – Perangkat lunak khusus akan mengatur dan mengevaluasi semua data yang dikompilasi melalui sensor dan sistem IIoT dengan tujuan untuk menciptakan informasi dasar yang dapat ditindaklanjuti. Ini kemudian akan digunakan di berbagai lini bisnis, termasuk analisis pasar, riset konsumen, dan pemeliharaan prediktif, serta supply chan dan kendaraan komersil. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan kemudahan pelacakan dan transparansi, tetapi juga akan meningkatkan hubungan supplier  dan pelanggan.

    • Digital supply network (DSN) – Rantai suplai akan ditransformasi sepenuhnya oleh jaringan suplai digital, yang memanfaatkan teknologi Artificial Intteligence (AI) dan sensor untuk menciptakan sistem rantai suplai yang sepenuhnya transparan, dapat dilacak, dan terhubung. Perusahaan akan dapat melihat setiap tautan dal rantai secara real time, mengatasi komplikasi segera setelah mereka muncul, dan sangat terlibat dengan pemasok.

    • E-procurement – Proses seperti kontrol inventaris, penagihan, dan negosiasi harga yang secara tradisional ditangani menggunakan model manual akan ditangani oleh platform digital yang berkoordinasi dengan infrastruktur perusahaan melalui teknologi pintar. Ini tidak hanya akan mengurangi pemborosan, meningkatkan produksi, dan menurunkan biaya, tetapi juga akan meningkatkan kemampuan perusahaan untuk fokus pada lebih banyak perusahaan berbasis nilai seperti penilaian risiko dan analitik prediktif.

    • Blockchain – Blockchain dapat merekam data, transaksi, dan cryptocurrency, pabrik di masa depan akan memiliki blockchain yang memainkan peran besar dalam manajemen data dan aplikasi rantai pasokan. Blockchain menawarkan transparansi penuh, yang akan membuat teknologi ini penting untuk kepatuhan regulasi, audit, dan bidang bisnis lainnya.


4. Teknologi Fisik Berteknologi Tinggi
Pabrik masa depan akan terhubung di hampir setiap cara, memungkinkan untuk operasi tanpa batas dalam berbagai skenario:

    • Robotika, AI, dan co-bot – Industri pabrik sudah menggunakan robotika, tetapi, di pabrik masa depan, mesin ini akan jauh lebih maju dan kolaboratif. Ketika kecerdasan buatan terus tumbuh, proses seperti desain, pemeliharaan prediktif, dan pemrograman tingkat lanjut akan menjadi lebih ramping dan instan. Selanjutnya, AI pada akhirnya akan mengembangkan kemampuan untuk mengikuti cara berpikir manusia  dan lebih kreatif;

    • Virtual reality (VR) – Pelatihan industri dan pendidikan STEM akan menjadi lebih komprehensif dengan penggunaan VR. Alih-alih mengajar siswa di ruang kelas, perusahaan akan dapat terlibat dengan karyawan di masa depan melalui praktek langsung. Teknologi VR dapat memungkinkan ini terjadi.


Tiraya Technology dapat membantu untuk mengembakan teknologi Pabrik anda dalam mendukung industri 4.0 dan Smart Factory. Hubungi kami untuk dapat mendiskuksikan secara lebih detail.

admin
No Comments

Post a Comment

Comment
Name
Email
Website